Amsterdam view from Amsterdam Tower

Amsterdam view from Amsterdam Tower
The view from Amsterdam Tower

Thursday, December 29, 2016

Oliebollen - Jajanan Musim Dingin

Memasuki musim dingin di negeri kincir angin ini cukup menyiksa diri. Karena saya wanita tropis, mending kepanasan daripada kedinginan. Jika harus keluar rumah selama musim dingin ini, artinya saya harus pakai legging thermal melapisi celana jeans saya, baju thermal di dalam sweater saya, sarung tangan tebal, kaos kaki tebal, sepatu boots tinggi sampai dengkul dan yang pasti sama jaket tebal.

Sementara orang-orang Belanda, kalo suhu masih diatas 10 derajat, mereka masih santai aja dengan jeans, jaket tipis dan sepatu olahraga.

Tapi, satu hal yang saya suka dalam musim dingin ini adalah jajanan roti gorengnya alias Olibollen (atau oliebol). Rasanya mirip donat goreng.

Andai Kamu Ada Disini, karya kawan Iwan & Indah Esjepe bersama Oliebollen di Amsterdam

Coba bayangkan donat dibentuk seperti bola, bisa juga ditambahkan kismis, digoreng sampai matang, lalu ditaburi gula bubuk, hmmm.... Dimakannya selagi hangat yaaaa.... Nikmat... Lekker..

Salah satu gerobak Oliebollen

Yuks kita lihat liputan singkatnya: https://youtu.be/TIzDsCEBGMQ


1 comment: